Jumat, 11 Juli 2014

Wisata Ke Pantai Depok Yogyakarta

14.05

Tourworldinfo - Wisata Ke Pantai Depok Yogyakarta, Pantai Depok menyajikan hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas restaurant pesisir. Tak jauh dari pantai ini, anda bisa menikmati panorama gumuk pasir satu-satunya di kawasan Asia Tenggara. Di antara pantai-pantai lain di wilayah Bantul, Pantai Depok-lah yang tampak paling dirancang menjadi pusat wisata kuliner menikmati sea food. Di pantai ini, tersedia sejumlah warung makan tradisional yang menjajakan sea food, berderet tak jauh dari bibir pantai. Beberapa warung makan bahkan sengaja dirancang menghadap ke selatan, jadi sambil menikmati hidangan laut, anda bisa melihat pemandangan laut lepas dengan ombaknya yang besar.

Wisata Ke Pantai Depok Yogyakarta

Seiring makin banyaknya pengunjung pantai yang berjarak 1,5 kilometer dari Parangtritis ini, maka dibukalah warung makan-warung makan sea food. Umumnya, warung makan yang berdiri di pantai ini menawarkan nuansa tradisional. Bangunan warung makan tampak sederhana dengan atap limasan, sementara tempat duduk dirancang lesehan menggunakan tikar dan meja-meja kecil. Meski sederhana, warung makan tampak bersih dan nyaman. Beragam hidangan sea food bisa dicicipi. Hidangan ikan yang paling populer dan murah adalah ikan cakalang. Jenis ikan lain yang bisa dinikmati adalah kakap putih dan kakap merah. Jenis ikan yang harganya cukup mahal adalah bawal. Selain ikan, ada juga kepiting, udang dan cumi-cumi. Hidangan sea food biasanya dimasak dengan dibakar atau digoreng. Jika ingin memesannya, anda bisa menuju tempat pelelangan ikan untuk memesan ikan atau tangkapan laut yang lain. Setelah itu, anda biasanya akan diantar menuju salah satu warung makan yang ada di pantai itu oleh salah seorang warga.

Wisata Ke Pantai Depok Yogyakarta

Puas menikmati hidangan sea food, anda bisa keluar pantai dan berbelok ke kanan menuju arah Parangkusumo dan Parangtritis. Di sana, anda akan menjumpai pemandangan alam yang langka dan menakjubkan, yaitu gumuk pasir. Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Di sini, anda bisa menikmati hamparan pasir luas, bagai di sebuah gurun. Gumuk pasir yang terdapat di dekat Pantai Depok terbentuk selama ribuan tahun lewat proses yang cukup unik. Dahulu, ada beragam tipe yang terbentuk, yaitu barchan dune, comb dune, parabolic dune dan longitudinal dune. Saat ini hanya beberapa saja yang tedapat, yaitu barchan dan longitudinal. Angin laut dan bukit terjal di sebelah timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, membentuk bukit pasir atau gumuk.

Rute Perjalanan Wisata pantai Depok Jogja
  • Jika Anda berangkat dari kota, Anda bisa melewati Jl. Parangtritis untuk menuju ke arah selatan, sesampainya di pertigaan sebelum tempat retribusi Pantai Parangtritis, Anda ambil jalan ke kanan atau ke barat (posisi retribusi pas di selatan pertigaan itu). Anda terus menuju ke barat melewati jalan aspal dalam perkampungan, turut jalan tersebut kemudian sampailah pada tempat retribusi untuk Pantai Depok.
  • Saat setelah masuk ke retribusi pantai Parangtritis, Anda akan bertemu dengan pertigaan kecil Hotel Gandung, ambil arah ke barat (kanan), Anda akan disuguhi bukit-bukit pasir di sepanjang jalan aspal menuju ke Pantai Depok. Setelah jalan habis, Anda sudah sampai di Pantai Depok dan siap memarkir mobil atau motor Anda. (sudah tidak ada retribusi lagi)

Harga Ikan Wisata Pantai Depok Jogja
- Ikan cakalang, seharga Rp 8.000,00 per kilogram, setara dengan 5 – 6 ekor ikan.
- Kakap putih dan kakap merah, kisaran harga Rp 17.000,00 – Rp 25.000,00 per kg
- Bawal, seharga Rp 27.000,00 – Rp 60.000 per kg
- Kepiting ?
- Udang ?
- Cumi-cumi ?


Fasilitas Wisata Pantai Depok Jogja
  • Transaksi langsung pembelian ikan bawal, udang, kakap laut, kerapu hasil tangkapan nelayan
  • Warung makan sea food berjajar sangat banyak dengan menu ikan goreng, ikan bakar, nasi anget + sambel lalap
  • Warung seafood tersebut mau menggorengkan atau membakarkan ikan sesuai dengan permintaan kita dengan tarif yang murah.
  • Tempat parkir motor dan mobil
  • Sewa ATV
  • Sewa tikar
  • Masjid (luas)
  • Kamar mandi


Info Wisata Pantai Depok Yogyakarta
Tarif Masuk Tempat Wisata Pantai Depok Jogja
Motor: Rp 4.000,00 untuk dua orang dan satu motor.
Mobil: Rp 5.000,00 plus biaya perorangan

Alamat: Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188, Indonesia


Well, itulah informasi tentang Wisata Ke Pantai Parangtritis Yogyakarta. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membacanya dan ingin berwisata ke Jogja. (Wisata Ke Pantai Parangtritis Yogyakarta)