Sabtu, 12 Juli 2014

Wisata Ke Pantai Siung Yogyakarta

10.23

TOURWORLDINFO - Wisata Ke Pantai Ngrenehan Yogyakarta, Pantai Siung kaya akan karang-karang raksasa. Tebing karangnya memiliki 250 jalur pemanjatan, juga tempat tepat untuk menikmati panorama pantai. Ada pula karang menyerupai siung wanara yang menjadi dasar penamaan pantai. Pantai Siung terletak di sebuah wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan. Menjangkau pantai ini dengan sepeda motor atau mobil menjadi pilihan banyak orang, sebab memang sulit menemukan angkutan umum. Colt atau bis dari kota Wonosari biasanya hanya sampai ke wilayah Tepus, itupun mesti menunggu berjam-jam.

Dari kota Wonosari menuju arah selatan, melewati Jalan Baron (jalan menuju pantai Baron). Kemudian di pertigaan Mulo, belok ke arah timur (kiri jika dari Wonosari). Ikuti jalan tersebut sampai di Tepus. Jika sampai di pertigaan Tepus, belok ke kiri untuk ke arah pantai Siung-Wediombo, jika belok kanan akan sampai ke pantai Sundak sampai Baron. Dari pertigaan Tepus itu masih sekitar 8-9 km lagi untuk sampai ke pantai Siung. Ikuti jalan tersebut, jika sudah hampir dekat ke pantai, akan ada papan penunjuk arah yang menunjukkan ke mana arah pantai Siung. Dari desa, pantai Siung terletak sekitar 4 km. Jalanan menuju pantai Siung berupa jalan aspal yang sudah cukup halus namun sempit. Di kanan kiri jalan menuju pantai adalah ladang penduduk yang ditanami berbagai macam tanaman, ada pohon jati, palawija, dan lain sebagainya.

Satu pesona yang menonjol dari Pantai Siung adalah batu karangnya. Karang-karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai memiliki peran penting, tak cuma menjadi penambah keindahan dan pembatas dengan pantai lain. Karang itu juga yang menjadi dasar penamaan pantai, saksi kejayaan wilayah pantai di masa lampau dan pesona yang membuat pantai ini semakin dikenal, setidaknya di wilayah Asia. Stamina yang prima dan performa kendaraan yang baik adalah modal utama untuk bisa menjangkau pantai ini. Maklum, banyak tantangan yang mesti ditaklukkan, mulai dari tanjakan, tikungan tajam yang kadang disertai turunan hingga panas terik yang menerpa kulit saat melalui jalan yang dikelilingi perbukitan kapur dan ladang-ladang palawija. Semuanya menghadang sejak di Pathuk (kecamatan pertama di Gunung Kidul yang dijumpai) hingga pantainya. Batu karang yang menjadi dasar penamaan pantai ini berlokasi agak menjorok ke lautan. Nama pantai diambil dari bentuk batu karang yang menurut Wastoyo, seorang sesepuh setempat, menyerupai gigi kera atau Siung Wanara. Hingga kini, batu karang ini masih bisa dinikmati keindahannya, berpadu dengan ombak besar yang kadang menerpanya, hingga celah-celahnya disusuri oleh air laut yang mengalir perlahan, menyajikan sebuah pemandangan dramatis.

Sebagian besar warga Siung saat itu berprofesi sebagai petani garam. Mereka mengandalkan air laut dan kekayaan garamnya sebagai sumber penghidupan. Garam yang dihasilkan oleh warga Siung inilah yang saat itu menjadi barang dagangan utama di pasar Winangun. Meski kaya beragam jenis ikan, tak banyak warga yang berani melaut saat itu. Umumnya, mereka hanya mencari ikan di tepian.

Di sebelah timur pantai, terdapat bukit yang dapat dinaiki, terdapat jalan setapak untuk naik ke atas. Dari atas bukit tersebut dapat dipandang keindahan pantai Siung dilihat dari sebelah timur. Sedangkan di sebelah barat pantai berupa bukit-bukit batuan karang pantai yang dimanfaatkan untuk olahraga panjat tebing (rock climbing). Sama halnya, terdapat beberapa tempat di mana kita bisa sampai hingga ke atas dari batuan itu dan melihat pemandangan pantai Siung dari kejauhan.

Fasilitas lain juga mendukung kegiatan panjat tebing adalah ground camp yang berada di sebelah timur pantai. Di ground camp ini, tenda-tenda bisa didirikan dan acara api unggun bisa digelar untuk melewatkan malam. Syarat menggunakannya hanya satu, tidak merusak lingkungan dan mengganggu habitat penyu, seperti tertulis dalam sebuah papan peringatan yang terdapat di ground camp yang juga bisa digunakan bagi yang sekedar ingin bermalam.

Wisata Ke Pantai Siung Yogyakarta
Harga Tiket Retribusi Masuk: Rp. 10.000
Alamat: Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

Well, itulah informasi tentang Wisata Ke Pantai Siung Yogyakarta. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membacanya dan ingin berwisata ke Jogja. (Wisata Ke Pantai Ngrenehan Yogyakarta)