Sabtu, 12 Juli 2014

Tempat Makan Gudeg Yang Enak Di Jogja

11.04

TOURWORLDINFO - Tempat Makan Gudeg Yang Enak Di Jogja, Dimana gudeg yang enak di Yogyakarta? apa anda pecinta makanan khas Jogja ini? Gudeg merupakan salah satu makanan khas dari Jogja. Gudeg yang paling terkenal di Joga adalah Gudeg Yu Djum. Anda dapat menikmati gudeg langsung di rumah Yu Djum ataupun dibungkus untuk oleh-oleh. Gudeg Yu Djum ini letaknya di daerah Kaliurang dekat dengan kampus MM UGM. Selain di Yu Djum anda juga dapat menikmati sensasi gudeg yang berbeda yaitu di Gudeg Pawon yang letaknya di Jl. Kusumanegara sebelah selatan Pamella. Gudeg pawon menyuguhkan nuansa pawon atau dapur sebagai tempat makannya. Namun sayangnya gudeg pawon ini hanya buka pada jam 11 malam sampai jam 2 pagi saja.

GUDEG ENAK

Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Ada berbagai varian gudeg, antara lain:

• Gudeg kering , yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
• Gudeg basah , yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
• Gudeg Solo , yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.


Berikut alamat tempat jajan gudeg yang terkenal enak di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi untuk menikmati sensai wisata kuliner...

• Gudeg Geneng Mbah Marto, Mangut Lele
Warung Makan Geneng Mbah Marto terletak di Dusun Nengahan, Padukuhan Ngiring-iring, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Belakang kampus ISI.
Menu utama warung makan Geneng ini adalah gudeg geneng tapi yang lebih terkenal malah mangut lelenya. Gudeg disini sedikit berbeda dari gudeg yang biasa kita makan dimana ditambah daun pepaya. Mangut lele yang diasap kemudian dimasak dengan kuah santan yang pedas hingga kering. Ketika tiba di warung makan Mbah Marto, pengunjung dipersilakan menuju ke ruangan dapur untuk mengambil makanannya sendiri. Disinilah letak keunikannya dimana suasana dapur yang masih tradisional dengan perabot dapur sederhana dengan tungku kayu untuk memasak.

• Gudeg Batas Kota Jl Solo & Jl Wates
Gudeg yang terletak di Jl. Solo, depan Hotel Saphir (tepatnya Barat gapura batas kota Jogjakarta). Disebut Gudeg Batas Kota karena berada tepat di perbatasan antara kota Jogjakarta dengan kabupaten Sleman. Gudeg ini cukup unik karena baru mulai menggelar dagangannya pukul 10 malam hingga dini hari atau sampai habis. Berada di pinggir jalan raya Laksda Adi Sucipto atau biasa dikenal dengan jalan Solo dan berada di seberang Saphir Square membuat gudeg batas kota terlihat mencolok karena selalu ramai dan juga mudah ditemukan. Sebuah warung lesehan sederhana dengan tikar-tikar ala kadarnya digelar di trotoar pertokoan.

• Gudeg Bu Amad
Jl. Kaliurang Km. 4,5 (Utara UGM) Karangasem Kocoran Caturtunggal Depok Yogyakarta No Telepon : (0274) 520049. merupakan salah satu restoran gudeg terbaik di Kota Gudeg, Yogyakarta. Terletak di sebelah utara gedung pusat Universitas Gajah Mada. Seperti halnya warung gudeg lainnya, warung gudeg bu amad ini menyajikan gudeg beserta teman-temannya dengan lengkap sekali seperti ayam, telor dan krecek. Tidak hanya makan di warung, kitapun bisa membawa pulang gudeg tersebut dengan menggunakan besek ataupun poci. Harga yang lumayan murah membuat gudeg ini juga menjadi oleh-oleh pengunjung yang hendak makan ataupun membelinya sebagai buah tangan keluarga di rumah.

• Gudeg Bu Hendro, spesial manggar
Gudeg Manggar Bu Hendro terletak di Jl. Hayam Wuruk (seberang Pasar Lempuyangan). Buka jam 18.00-21.00 WIB

• Gudeg Kendil Bu Tjitro
Restoran Bu Tjitro 1925 memiliki lokasi yang cukup strategis, tepatnya di Jl. Janti 330 yang berada di seberang gedung Jogja Expo Center (JEC). Dari Bandara Internasional Adisucipto ataupun dari Kraton Yogyakarta, restoran ini bisa dicapai dengan 10 - 15 menit berkendara. Restoran ini menempati sebuah bangunan 2 lantai yang cozy dan classy. Bila ingin suasana yang lebih santai, Anda bisa memilih untuk duduk di area lesehan. VIP Room berkapasitas 17 orang atau Meeting Room yang bisa mengakomodasi hingga 50 orang di lantai 2 bisa Anda booking untuk acara gathering atau meeting. Ingin menyelenggarakan perhelatan dalam skala yang lebih besar? Jangan khawatir, secara keseluruhan Restoran Bu Tjitro 1925 memiliki kapasitas antara 200 - 300 orang.

• Gudeg Pawon
Gudeg pawon ini terletak di Jln. Prof. DR Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta. dan dibuka mulai pukul 22.30 WIB. Saran bagi pembaca yang ingin mencicipi kuliner yang satu ini diharapkan datang lebih awal. Karena biasanya wisatawan dari luar kota sudah berdatangan dengan menunggu di depan pintu sebuah rumah yang langsung menuju ke dapur. Perlu diketahui juga jika tempat makan di gudeg pawon tidak menyerupai warung atau rumah makan pada umumnya melainkan semacam rumah di tengah perkampungan.

• Gudeg Permata (Bu Pujo)
Gudeg permata terletak di Jl. Gadjah Mada, Yogayakarta, tepatnya di sebelah barat bioskop Permata. Lesehan yang sudah berdiri sejak tahun 1951 ini sudah tidak diragukan lagi kenikmatanya. Resep turun temurun dan menjadi langganan anak- anak muda tempo dulu setelah menonton film bioskop ini.

• Gudeg Wijilan
Jl. Wijilan sebelah timur Kraton, ada bermacam-macam warung. Kampung Wijilan terletak di sebelah Selatan Plengkung Tarunasura atau yang lebih dikenal dengan sebutan Plengkung Wijilan dan di sebelah Timur dari Alun Alun Utara.

• Gudeg Bu Sri
Gudeg Bu Sri terkenal dengan Gudeg basahnya. Gudeg Bu Sri Berdiri sejak tahun 1988, didirikan oleh Ibu Sri sendiri di daerah Wirobrajan Yogyakarta. Gudeg Bu Sri berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto Yogyakarta dengan lokasi yang sangat mudah dan strategis untuk mengunjunginya. Kami juga menerima pesanan partai besar dan kecil.Buka dari pagi jam 10.00 s/d 24.00 malam.

• Gudeg Yu Djum
Salah satu gudeg yang paling terkenal akan cita rasanya adalah Gudeg Yu Djum. Diteruskan secara turun menurun dan sekarang sudah generasi ke-empat. GUDEG YU DJUM menyajikan gudeg kering yang terkenal memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Lokasi warung Gudeg Yu Djum terletak di Jalan Wijilan, jalan Kaliurang km.4 dan di jalan Adisucipto. Warung Gudeg Yu Djum juga memberikan kesempatan kepada wisatawan asing dan domestik untuk dapat langsung melihat proses pembuatan Gudeg, atau bahkan terlibat dalam proses pembuatannya.

• Gudeg Sedep Raos
Gudeg Sedep Raos buka jam 6 - 12 malem, setiap hari kecuali hari rabu. lokasinya berada di halaman depan Gedung SD Budi Mulia Dua, Seturan. Gudeg Sedep Raos Merupakan Gudeg Ceker pertama di jogja.

• Gudeg Djuminten
Warung Gudeg Ibu Djuminten yang telah berdiri sejak tahun 1926. Terletak di Lokasi: Jln. Asem Gede 14 / Jln. Kranggan 69, Yogyakarta , Tlp.+62-274-561151.

• Gudeg Wakidi
Rumah makan gudeg ini terletak di Jln Monumen Yogya Kembali, Km1. Gemawang Rt02/Rt43 No 31, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogayakarta. Lokasinya tidak berada ditepi jalan besar/aspal, meliainkan masuk dalam gang sekitar 300 m dari jalan Monjali.

• Gudeg Bu Atmo "Song Dji"
Gudeg Bu Atmo "Song Dji" terletak di Jl.Kyai Mojo (Sebelah Pombensin Godean), dekat ASMI Santa Maria.
• Gudeg Bromo/ Gudeg Ngantuk,
Terletak di jl. gejayan (utara Jogjakarta plz hotel), seberang OISHII BENTO.

• Gudek Bu Sastro
Terletak di Trotoar Malioboro. empat ini juga adalah lesehan favorite di Malioboro dengan pengunjung yang ramai sekitar jam 11 - 12 malam. Bukanya jam 9 malam hingga jam 5 pagi.

• Gudeg bu Sri
Terlertak di Jl. Hos cokroaminoto di depan apotek kimia farma di selatannya pasar klithikan jogja.

Well, itulah informasi seputar Tempat Makan Gudeg Yang Enak Di Jogja dan terkenal. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang ingin wisata kuliner.