Minggu, 13 Juli 2014

Pasar Kangen Jogja Tahun 2014

01.33

TOURWORLDINFO - Pasar Kangen Jogja Tahun 2014, Informasi tentang tanggal, waktu pelaksanaan pasar kangen di Yogyakarta. Pasar Kangen Jogja Bakal Digelar pada bulan Agustus 2014. Taman Budaya Yogyakarta (TBY) untuk keenam kalinya akan menggelar event tahunan Pasar Kangen Jogja 2014. Kegiatan yang bakal dilaksanakan 18-24 Agustus 2014 ini digelar untuk memanjakan masyarakat yang ingin menikmati suasana tempo dulu. Pasar Kangen Jogja yang rutin digelar setiap tahun untuk mengingatkan suasana Yogyakarta tempo dulu akan kembali digelar. Tahun ini merupakan tahun keenam diadakannya Pasar Kangen Jogja.



"Kegiatan utama di Pasar Kangen ini adalah menampilkan kuliner tradisional, kerajinan dan kesenian tradisional khas Yogyakarta," kata Ketua Panitia Pasar Kangen Jogja Sri Eka Kusumaningayu di Yogyakarta, Kamis (10/7/2014).

Menurut dia, panitia akan menyiapkan masing-masing 45 anjungan untuk menampilkan keragaman kuliner tradisional dan kerajinan. Selain itu ada pula penampilan 20 kelompok kesenian tradisional selama penyelenggaraan acara.

Berbagai kuliner tradisional yang akan ditampilkan di antaranya, hawug-hawug, tiwul, lopis ketan, wedang uwuh, cenil, arak keeling, gatot, tempe bacem dan lain-lain. Sedangkan produk kerajinan yang ditampilkan pun adalah barang-barang yang biasanya ditemui pada masa lalu seperti wayang kardus, topeng kayu, miniatur prajurit kraton, cincin akik, kaos motif lawasan, dan sebagainya.

"Barang-barang kuno juga akan dijual di arena Pasar Kangen seperti kotak perhiasan, arca batu kecil, cermin dan pigura, gramofon termasuk album piringan hitam dan kaset-kaset lama. Barang-barang itu biasanya menjadi incaran pengunjung," katanya.

Eka menyebut, kegiatan Pasar Kangen Jogja juga digelar untuk memberikan ruang kepada pelaku seni tradisi di Yogyakarta.

"Fokus kegiatan tahun ini adalah mengembalikan roh Pasar Kangen Jogja yaitu memberikan ruang kepada mereka yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisi," katanya.

Sampai saat ini, lanjut Eka, masih banyak kelompok kesenian tradisi dan pelaku kuliner yang masih menjaga nilai tradisional khas Yogyakarta.

"Oleh karenanya, kami pun melakukan seleksi ketat terhadap pengisi anjungan kuliner, kerajinan dan pengisi kesenian tradisional agar bisa benar-benar menampilkan budaya khas Yogyakarta. Nantinya, penjaga anjungan pun diminta mengenakan busana khas Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, Humas Pasar Kangen Jogja Eko Nuryono mengatakan, masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta bisa melakukan pendaftaran di Sekretariat Pasar Kangen Jogja yang berada di Taman Budaya Yogyakarta.

"Pendaftaran dibuka mulai 14-24 Juli. Harga anjungannya pun cukup terjangkau. Komunitas pun bisa bergabung memeriahkan kegiatan ini," katanya.

Well, itulah informasi seputar Pasar Kangen Jogja Tahun 2014. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para pengunjung TOURWORLDIFO yang membacanya.

Sumber: Kompas