Sabtu, 12 Juli 2014

Wisata Ke Pantai Pok tunggal Yogyakarta

23.08

TOURWORLDINFO- Wisata Ke Pantai Pok tunggal Yogyakarta, Terlalu sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata bagaiman keindahan Pok Tunggal. Yang jelas anda akan menemukan barisan tebing karang yang berdiri kokoh disekitar pantai, bukan itu saja karang-karang tersebut tinggi menjulang tegak lurus kurang lebih 50 meter), anda juga akan bisa menjumpai kawanan monyet liar melompat dari balik tebing di sisi timur, yang luar biasa di pantai ini menyembur mata air tawar dari bumi.


Di pantai Pok Tunggal tumbuh sebatang pohon Duras tumbuh rindang di bibir pantai dan menjadi ikon pantai ini. Pohon ini sangat sulit tumbuh sehingga dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat. Para wisatawan dilarang memanjat pohon tersebut yang tampak cantik tersebut. Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal takkan lengkap bila tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala. Tadi sore kami bahkan bertemu dengan rombongan bule yang menggendong ransel besar, sepertinya mereka akan berkemah di pantai ini. Asyik juga bermalam di tenda sambil menikmati hembusan angin pantai serta deburan ombak setelah menikmati lembayung senja. Bila tidak membawa tenda, kita bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Namun bila memutuskan untuk pulang malam, Anda harus ekstra hati-hati. Jalan sempit dan berbatu itu sekali lagi menantang nyali karena belum dilengkapi lampu penerang sama sekali.

Pesona Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh dinding perbukitan merupakan lokasi yang asyik untuk dieksplorasi. Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung ini semakin mengukuhkan Gunungkidul sebagai gudangnya pantai-pantai cantik berpasir putih yang masih alami.

Kenapa pantai ini dinamai Pantai Pok Tunggal, pasti pada pengin tahu yah?? Dari informasi warga disekitar ada versi yang mengatakan bahwa nama Pok Tunggal berasal dari nama Kelompok Tunggal, yakni kelompok yang merintis dan mengelola wisata ini. Sedangkan versi lainnya mengatakan nama Pok Tunggal berasal dari kata Tuk Tunggal, yakni satu-satunya tuk (sumber mata air) yang berada di dekat sebuah warung sebelah barat pantai ini. Tuk ini berada di bawah pohon Ambal yang airnya bersih, dan kini diambil menggunakan pompa untuk kebutuhan bersama warga sekitar.

Dari perbincangan dengan beberapa tokoh setempat, diperoleh gambaran bahwa ikon obyek wisata pantai Poktunggal adalah & sumber air di bawah pohon Ambal, juga di pantai ini ada tanaman langka dilestarikan atau disebut pohon Duras, dan yang menarik bagi wisatawan tentunya sunset.

INFO LAINNYA TENTANG PANTAI POK TUNGGAL
1. Alamat Lokasi Pantai Pok Tunggal Yogyakarta
2. Harga Biaya Ke Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Well, itulah seputar informasi wisata menarik tentang Wisata Ke Pantai Pok tunggal Yogyakarta yang sangat nyaman dan indah dan wajib anda kunjungi ketika sedang berada di Jogja. Semoga Informasi tersebut bermanfaat dan membantu anda dalam bertraveling ke DIY.