Kamis, 28 Juli 2011

Tips Mudik Pakai Sepeda Motor | Aman

00.15


Tips Mudik Pakai Sepeda Motor - Inilah tips mudik aman pakai sepeda motor bagi anda yang ingin pulang kampung sebaiknya anda membaca artikel ini terlebih dahulu agar diperjalanan anda bisa waspada dan aman terkendali mudik anda. Apakah Anda berniat mudik menggunakan sepeda motor andalan? Jika iya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar Anda tidak mengalami masalah sewaktu di perjalanan.


Tips Mudik Pakai Sepeda Motor


Disini ada beberapa tips mudik pakai sepeda motor yang sebaiknya anda perhatikan baik-baik sebelum anda mudik lebaran. “Persiapkan mental dan fisik. Pakailah perlengkapan dan pakaian standar sepeda motor. Cek kondisi sepeda motor. Terakhir adalah yang berkaitan dengan berboncengan,” tambahnya.


Berikut ini tips aman mudik naik sepeda motor

1. Persiapkan mental dan fisik; berdoa sebelum berangkat, selalu berpikir positif, tenang, jangan ugal-ugalan, tidur yang cukup (minimal 6 jam), bawa makanan kecil dan minuman mineral, obat-obatan, beristirahat setiap beberapa jam

2. Perlengkapan dan pakaian; helm SNI, jacket yang mudah terlihat pengendara lain, sarung tangan, celana panjang, sepatu, jas hujan, rompi, baju tipis di siang hari dan baju tebal di malam hari

3. Cek kondisi sepeda motor; kaki-kaki (tekanan udara disesuaikan dengan beban, velg, suspensi, kembangan ban), kemudi (pastikan kemudi dalam keadaan bebas), lampu/kelistrikan dan klakson (pastikan mereka berfungsi sebagaimana mestinya), oli mesin dan oli rem (tambahkan oli sesuai spesifikasi jika kurang. Lihat pula selang-selang pendukungnya)

4. Jika berboncengan; sebisa mungkin sepeda motor hanya ditunggangi dua orang sesuai peraturan pemerintah dan keselamatan, orang yang diboncengi harus memakai perlengkapan dan pakaian seperti pengendara, tidak membawa barang-barang berlebihan, informasikan ke pembonceng agar duduk dengan posisi yang baik.

Well, itulah beberapa tips aman mudik naik sepeda motor. Semoga tips ini bermanfaat buat anda yang membacanya.