Jumat, 11 Juli 2014

Wisata Ke Pantai Jogan Yogyakarta

16.55

TOURWORLDINFO - Wisata Ke Pantai Jogan Yogyakarta, Pantai Jogan, merupakan satu-satunya pantai gunung kidul yang menurut saya paling unik Keunikannya terletak pada air terjun yang langsung jatuh ke laut. Pantai ini terdiri dari tebin-tebing tinggi, dinding-dinding tebing yang tajam dan bebataun-bebatuan koral serta mempunyai sedikit sekali pasir pantainya. Pasir pantainya dapat kita lihat ketika laut dalam keadaan surut. Air terjun di bibir laut adalah sesuatu yang langka di Indonesia, bahkan dunia. Tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunungkidul di selatan Yogyakarta ternyata menyimpan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Sebuah pesona yang sulit ditolak.


Pantai ini letaknya dekat dengan pantai Siung, tepatnya di desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogja. Dari Jogja perjalanannya sekitar 2 jam, kita bisa melewati jalan wonosari menuju kota Wonosari lalu ambil kearah pantai Siung (ada petunjuk jalannya) dan ikuti jalan tersebut sampai di gapura loket pantai Siung. Hati-ati dalam perjalanan karena jalan naik turun, banyak belokan tajam. Setelah melewati gapura loket pantai siung, di kanan jalan ada papan petunjuk pantai Jogan dengan jalan cor-coran semen. Ikuti jalan setapak tersebut nanti anda akan sampai di pantai Jogan. Untuk bisa menikmati guyuran air dari atas tebing, kita harus turun ke bawah. Ada dua cara untuk turun, pertama dengan tehnik canyoning alias rappeling di air terjun. Tentu diperlukan peralatan dan kemampuan mumpuni untuk melakukannya. Kedua, menapaki turunan licin yang basah. Untunglah tersedia kayu-kayu pegangan sebagai penopang tubuh. Meski begitu, kehati-hatian adalah hal wajib karena jalur yang curam. Setelah batuan curam nan licin, tersisa satu lagi tantangan, kita masih harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm. Ini memang bukan koloni kepiting merah penghuni Christmas Island (yang dekat Jawa Barat tapi dimiliki Australia), namun melewatinya dengan kaki telanjang tentu bukan perkara sederhana.

Penduduk sekitar biasa mengambil bayi kepiting ini untuk dimasak, menjadi teman makan nasi hangat di kala musim hujan. Bila beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan ratusan kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering.


Sepanjang jalan masuk kiri jalan akan terlihat sungai kecil yang mengalir, itu adalah cikal bakal air terjun Jogan. Air sungai tersebut berasal dari bukit-bukit karst yang ada disana. Mengunjungi pantai ini baiknya pada saat musim hujan, peralihan musim hujan ke kemarau. Ketika kami kesini musim kemarau air terjunnya tidak ada dikarenakan mata air air terjun Jogan ini kering.

Info Wisata Ke Pantai Jogan Yogyakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 6.000
Alamat: Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

Well, itulah informasi tentang Wisata Ke Pantai Jogan Yogyakarta. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membacanya dan ingin berwisata ke Jogja. (Wisata Ke Pantai Jungwok Yogyakarta)